Saturday 19 January 2013

Menikmati Bendungan Juwero

Kali ini di pagi yang cerah ini , seperti yang telah saya janjikan di Facebook saya Aziz Yagis akan saya share perjalanan saya di Bendungan juwero .

Jalan yang mudah dan keindahan yang di tawarkan tidak membosankan sayapun tertarik untuk melakukan petualangan di tempat ini, dari arah pegandon kalian akan melewati hamparan persawahan yang hijau  yang terletak di perbatasan antara Desa Puguh dengan Desa Pakuncen.

Begitu indah hingga saya mengabadikan momen ini berfoto ria bersama kakak saya. 



setibanya di bendungan kita tidak asing dengan namanya anak muda berpacaran disana atau kita bisa menjumpai warga mengais rejeki dengan mengumpulkan pasir yang berada di pinggiran / sungai , atau sekadar bermain memanjakan mata.

jembatan yang berada ditengahnya adalah jembatan penghubung sekaligus batas antara kec. Pegandon (ds. Pakuncen) dan Kec. Gemuh (ds. Triharjo).
Memberikan ke elokan tersendiri baginya.

Sayapun mengabadikannya lagi dengan Foto ria bersama  kakak saya.

Saya dan kakakpun tidak puas melihat lihat bendungan , tetapi di lanjutkan dengan perjalan ke selatan atau bisa ke arah hutan yang tidak jauh dari bendungan juwero, kita juga akan melewati satu buah jembatan lagi yang mungkin di perkirakan usianya tidak muda lagi, saya kira sih buatan pada masa penjajahan Belanda..
Terlihat dari karat dan bentuknya.
Bendung Juwero adalah bendung tetap yang dibangun untuk memenuhi
keperluan air irigasi. Bendung Juwero di sungai Bodri memiliki luas DAS ± 554
km2 dan terletak ± 5 km di sebelah selatan Pasar Cepiring Kecamatan Gemuh,
Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah.
Bendung Juwero memiliki areal sawah sekitar ± 7.705 ha. Saluran Bodri
kanan mengaliri areal seluas 3.339 ha, sedang saluran Bodri kiri mengaliri areal
seluas 4.366 ha. Lahan ini ditanami Padi dan Palawija dengan pola tanam padi –
padi – palawija.
Pada tahun 1997 bendung ini direhabilitasi. Meskipun telah direhabilitasi,
kondisi Bendung Juwero saat ini masih mengalami beberapa permasalahan
sebagai berikut :
1. Pada saat musim banjir, konsentrasi angkutan bahan sedimen tinggi.
2. Lubang-lubang diantara kisi-kisi pintu intake sering tersumbat kerikil-kerikil,
sehingga air yang masuk ke saluran pengambilan berkurang (debit yang
masuk ke intake kurang).
3. Terjadi gerusan atau scouring di sebelah hilir bendung.
4. Kebutuhan air untuk irigasi pada musim kemarau tidak dapat terpenuhi.
Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi mengenai penyebab terjadinya
permasalahan tersebut serta cara pemecahannya.





LOKASI BENDUNG


 

Lokasi Bendung Juwero terletak di Desa Pekuncen, Kecamatan Pegandon,
Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah. Batas Desa Pekuncen adalah sebagai
berikut :
  •  Utara : Desa Puguh, Kec.Pegandon.
  •  Selatan :Desa Sidodadi Kec.Patean
  •  Barat : Desa Sojomerto, Kec.Gemuh
  •  Timur : Desa Wonosari, Kec.Pegandon

7 comments:

  1. Replies
    1. terimakasih sob, udah mampir dan bersedia berkomentar... :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. maaf mas sepertinya ada kesalahan dalam informasi, Bendungan juwero terletak di desa Triharjo kecamatan Gemuh Dusun juwero, bendungan juwero dibangun sebagai penghubung ke arah desa pekuncen, Desa pekuncen masuk dalam kecamatan pegandon bukan Gemuh, kalo kamu datang dari arah pegandon pasti melewati desa pekuncen terlebih dahulu, namun jika kamu datang dari arah gemuh maka kamu akan melewati Desa triharjo terlebih dahulu sebelum sampai ke Bendungan juwero, sering ada kekeliruan bahwa Bendungan juwero terletak di desa pakuncen, sebenarnya juwero itu nama dusun dari desa Triharjo, karna saya orang situ dan rumah saya dekat dengan bendungan juwero, saya mampir kesini karna tadi niatnya ingin mencari gambar bendungan juwero karna sudah lama saya tidak tinggal disana, terimakasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas, saya salah tulis.. sudah saya perbaiki. makasih komentarnya

      Delete

Berkomentar dengan baik dan tidak ada istilah melecehkan dengan format mencemarkan nama baik,...